Cara Mendeteksi Kanker Serviks

By | 02/06/2017

Cara Mendeteksi Kanker Serviks

Cara Mendeteksi Kanker Serviks,- Mendeteksi kanker serviks harus dilakukan sedini mungkin untuk memperbesar peluang sembuh. Selama ini, tingkat kematian akibat kanker serviks cukup tinggi karena banyak wanita baru menyadari dirinya terkena kanker serviks saat sudah memasuki stadium lanjut, atau bahkan sudah menyebar. Padahal, jika terdeteksi sejak dini, kanker serviks masih bisa disembuhkan.

Cara Mendeteksi Kanker Serviks

Lalu Bagaimana Cara Mendeteksi Kanker Serviks Secara Dini?

Kanker serviks dapat dideteksi dalam stadium dini dengan melakukan pemeriksaan pap smear. Tes pap smear adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pertumbuhan sel yang abnormal pada rahim. Pertumbuhan sel kanker pada leher rahim juga bersifat abnormal, sehingga dapat dideteksi oleh alat ini.

Pap smear adalah pemeriksaan medis yang aman untuk dilakukan, mudah, serta murah jika dibandingkan dengan biaya perawatan kanker serviks dengan stadium lanjut. Jika Anda melakukan pemeriksaan pap smear, maka akan ada sebuah alat yang dimasukkan ke dalam vagina Anda, sehingga tidak semua perempuan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smear.

Tanda Gejala Awal Kanker Serviks

Kanker serviks (leher rahim) pada stadium dini sering tidak menunjukan gejala atau tanda-tanda awal yang khas dan khusus, bahkan kadang-kadang tida ada gejala sama sekali.
Gejala-Gejala yang mungkin timbul antra lain :

  • Nyeri pada saat sanggama dan pendengaran sesudah sagama
  • Keluar keputihan atau cairan encer dari vagina
  • Pendarahan di luar masa haid
  • Pada tahap kanker serviks stadium lanjut dapat keluar cairan kekuning-kuningan, san dapat bercampur dengan darah.

Apabila gejala-gejala di atas sudah muncul, biasanya kanker servik sudah dalam stadium lanjut. untuk itu, perlu segera diperiksakan ke dokter, karena semakin dini kanker serviks didiagnosis dan diobati, semakin besar pula kemungkinan untuk disembuhkan. Salah satu tes yang dapat dilakukan dengan melakukan tes pap smear serviks.

Mengapa Pemeriksaan Tes Pap Smear Dianjurkan Pada Remaja/Wanita?

  • Pap smear mudah dilakukan, tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat dilakukan berulang kali.
  • Pemeriksaan pap smear dapat mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker serviks, karena perubahan-perubahan sel yang abnormal akan tampak pada pemeriksaan mikroskopis dan dapat segera diobati dan disembuhkan sebelum berkembang menjadi kanker.
  • Biaya tes pap smear relatif terjangkau dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya penanggulangan kanker leher rahim.

Kapan melakukan tes pap smear?

  • Pemeriksaan pap smear dilakukan sekali setahun. Bila 3 (tiga) kali hasil pemeriksaan normal, rentang waktu pemeriksaan dapat dijarangkan, misalnya 2 tahun sekali.
  • Pada kelompok perempuan risiko tinggi, sebaiknya melakukan pemeriksaan pap smear setahun sekali atau sesuai petunjuk dokter.
  • Pap smear dapat dilakukan setiap saat kecuali pada masa haid. Dua (2) hari sebelum pemeriksaan pap smear sebaiknya tidak melakukan sanggama dengan pasangan.

Menjadi sehat adalah hak setiap manusia, jadi kita harus perjuangkan demi mendaptkan hak tersebut. Salam Hidup Sehat

Posted by : Cara Alami Mengatasi Kanker Serviks

Baca juga

9 Nutrisi mencegah kanker serviks

Pengertian kanker serviks dan Penyebab

Ayo cegah kanker serviks dimulai dari sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *