Mengapa Nafsu Makan Meningkat Menjelang Haid? Ini Jawabnya!

By | 01/11/2016

Mengapa Nafsu Makan Meningkat Menjelang Haid? Ini Jawabnya!,– Apakah kamu pernah merasa bahwa satu minggu menjelang haid biasanya nafsu makan akan meningkat, sering merasa lapar dan ingin makan berbagai makanan? Jika iya, kamu tak usah khawatir Ladies. Pada dasarnya, kondisi ini merupakan kondisi yang umum dirasakan para wanita yang akan segera tiba masa haidnya. Lantas, apakah hal ini merupakan suatu hal yang masih normal-normal saja? Tak usah bingung atau gugup karena hal ini merupakan suatu hal yang normal.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, rasa lapar yang berlebih menjelang masa haid adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Kondisi ini sendiri terjadi karena menjelang masa haid, estrogen dalam tubuh wanita mengalami penurunan dan menyebabkan perut rentan merasa lapar serta nafsu makan meningkat.

James Greenblatt, M.D, seorang perancang buku Answers to Appetite Control mengungkapkan bahwa wanita akan rentan merasa lapar dan nafsu makannya meningkat menjelang haid. Ia juga akan senantiasa menginginkan berbagai makanan yang umumnya terasa manis, segar juga gurih. James juga mengungkapkan bahwa ketika hormon berupa estrogen dan progesteron seseorang dalam kondisi terendah, hal ini akan berdampak pada meningkatkan nafsu makan dan mendorong seseorang untuk senantiasa merasa lapar meski sebenarnya ia sudah makan cukup.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Annals of Endocrinology menyebutkan bahwa menjelang haid seseorang akan senantiasa menginginkan makanan manis dan kaya akan kalori. Tak hanya menyebabkan rasa lapar semakin meningkat, rendahnya hormon estrogen dan progesteron serta serotonin selama menjelang haid juga akan berpengaruh pada suasana hati seseorang. Ini juga akan sangat berpengaruh pada kenyamanan serta ketenangan hatinya.

Limor Baum, seorang ahli gizi asal New York mengatakan, “Selain berpengaruh pada nafsu makan, biasanya seseorang yang menjelang masa haid juga akan mengalami perubahan emosi atau suasana hati. Ia juga lebih mudah merasa lelah, tubuhnya terasa semakin gemuk dan auranya kurang menarik. Ini adalah suatu kondisi yang normal.”

Mengingat bahwa kondisi ini bisa meningkatkan nafsu makan, para ahli sangat menyarankan agar saat menjelang haid setiap wanita banyak konsumsi makanan manis yang sehat seperti ubi, buah, roti gandum dan kacang-kacangan serta yogurt. Makanan ini dipercaya kaya akan karbohidrat dan vitamin serta nutrisi sehat yang baik dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak menjelang haid tanpa dikhawatirkan akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita pun semakin bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi menjelang haid tanpa membuat tubuh gemuk atau berbahaya buat kesehatan kita.

Posted by : www.caralamimengatasikankerserviks.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *